Hutan Mangrove, Indahnya Wisata Dengan Nuansa yang Berbeda

Hidup dan bekerja di Ibukota tidaklah semudah yang dibayangkan. Tidak hanya sibuknya pekerjaan yang Anda lakukan, kemacetan dan polusi justru menjadi faktor utama yang dapat membuat pikiran tertekan dan tubuh menjadi letih. Berlibur adalah cara paling jitu untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda. Taman wisata Hutan Mangrove mungkin bisa menjadi tempat yang asyik untuk mengisi liburan bersama teman-teman. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk melepas penat, dan salah satunya adalah berlibur bersama orang-orang tersayang ke tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Selain dapat membangkitkan kembali semangat saat kembali bekerja, Anda dapat menambah pengalaman dan kenangan tak terlupakan dalam hidup.

Wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Ada banyak sekali tempat wisata di Jakarta. Meskipun Jakarta ini merupakan kota yang padat penduduknya, Anda masih bisa menemukan beberapa wisata Alam yang dapat menyegarkan mata. Memang, Anda tidak akan menemukan banyak daerah pegunungan atau hutan sebagai wisata alam seperti yang ada di daerah pedesaan, namun Anda masih bisa menikmati pemandangan pantai dan kepulauan. Selain pantai Ancol, ada salah satu tempat wisata alam yang sedang ramai dikunjungi, yaitu Hutan Mangrove yang terletak di daerah Jakarta Utara. Jadi, jangan hanya berjalan-jalan di mall saja, cobalah berkunjung ke taman wisata ini.

Beberapa Hal Penting Terkait Hutan Mangrove

1. Definisi Hutan Mangrove

Beberapa orang mungkin belum tahu banyak mengenai hutan jenis ini. Sebelum Anda berkunjung ke tempat wisata tersebut, ada baiknya jika mengetahui lebih banyak mengenai hutan ini. Hutan Mangrove dikenal juga dengan hutan bakau. Hutan ini biasa tumbuh di daerah muara sungai dan tepi laut. Tumbuhannya memiliki ciri-ciri gabungan dari tumbuhan yang tumbuh di laut dan darat. Akarnya yang menonjol merupakan cara adaptasi tumbuhan tersebut terhadap keadaan tanah yang bersifat anaerob atau sedikit oksigen. Hutan ini sangat penting untuk daerah pantai karena memiliki banyak manfaat. Selain itu, untuk daerah perkotaan seperti Jakarta, hutan tersebut juga bisa dijadikan taman wisata yang cukup menarik.

2. Manfaat Hutan Bakau

Manfaat yang paling penting dari hutan bakau adalah untuk melindungi area pantai dari abrasi, erosi dan intrusi air laut. Akar dari tanaman hutan ini sangatlah baik untuk melindungi tanah dari pengikisan dan mencegah air laut merembes ke tanah daratan yang akan memuat air menjadi payau. Kemudian, hutan ini juga bisa menjadi habitat beberapa jenis satwa yang sebagian bahkan dapat menjadi sumber makanan seperti ikan, kepiting, udang dan masih banyak lagi. Lalu, pemandangan indah dari tanaman hijau dan kelebatan Hutan Mangrove mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang untuk menikmatinya.

3. Lokasi Hutan Mangrove

Setelah mengetahui lebih banyak tentang pengertian dan manfaat serta keindahan hutan bakau ini, Anda pastinya akan tertarik untuk datang berkunjung. Terlebih lagi, di sana Anda tidak akan disuguhkan hanya dengan sekadar pemandangan hutan bakau yang biasa, namun juga pesona lainnya. Hutan Mangrove terletak di daerah Jakarta utara, tepatnya di Pantai Indah Kapuk, Pluit. Jadi, di antara banyaknya mall di Jakarta, di daerah utara, Anda masih bisa menikmati taman wisata alam yang dapat menyajikan pemandangan yang menyejukkan. Lalu, Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara untuk sampai ke sana? Berikut ini juga akan dijelaskan akses menuju lokasi wisata ini.

5. Akses Menuju Tempat Wisata

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika mengendarai kendaraan pribadi, mungkin akan lebih mudah dan hemat waktu. Saat sampai di daerah Pantai Indah Kapuk, Anda akan menemukan banyak petunjuk arah menuju taman wisata Hutan Mangrove. Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan umum, tidak perlu khawatir, karena tersedia beberapa angkutan umum yang dapat mengantar Anda sampai tujuan. Pertama, Anda bisa naik transjakarta koridor 9 dan turun di shelter Pluit. Lalu Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan bajaj atau ojek. Terakhir, untuk sampai di lokasi, Anda harus naik Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo, angkutan yang akan mengantar Anda hingga depan pintu masuk taman wisata hutan ini.

6. Tiket Masuk Hutan Mangrove

Setelah sampai, yang pastinya perlu Anda lakukan adalah membeli tiket masuk, seperti halnya saat Anda mengunjungi tempat wisata lain. Siapa bilang liburan di Jakarta memerlukan banyak biaya? Untuk berlibur ke taman wisata Hutan Mangrove ini, Anda hanya perlu menyiapkan uang paling banyak Rp 100.000. Hal ini karena harga tiket masuk yang harus Anda bayar hanya Rp 25.000 per orangnya. Harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan pengalaman yang akan Anda dapat setelah pulang dari taman wisata ini. Sisa uang yang Anda punya pun bisa digunakan untuk transportasi dan membeli makanan dan minuman.

7. Pesona Indahnya Hutan Bakau

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di taman wisata ini. Yang paling utama adalah berkeliling untuk menikmati indahnya pemandangan Hutan Mangrove. Untuk fasilitas para wisatawan, terdapat jembatan yang terbuat dari kayu gelondongan sebagai akses jalan saat berkeliling. Anda dapat menjelajah ke beberapa spot di area hutan ini. Mengingat jalanannya yang terbuat dari kayu, sangat disarankan bagi para wanita untuk memakai sepatu skets, sandal atau sepatu yang tidak memiliki hak tinggi agar tidak terpeleset saat berjalan di atasnya. Selain itu, Anda pasti akan merasa lebih nyaman saat berjalan-jalan.

Jembatan Kayu di Hutan Mangrove

Kemudian, ada juga fasilitas menara yang dapat digunakan untuk kegiatan mengamati burung yang ada di hutan tersebut. Burung-burung yang berwarna putih terkadang hinggap di beberapa pohon. Pemandangan menenangkan ini sangat mengasyikkan mengingat di pusat kota yang Anda biasa temukan hanyalah kemacetan kendaraan dan polusi udara. Lalu, jika beruntung, Anda juga bisa bertemu dengan komodo. Jadi, jangan kaget saat Anda tiba-tiba melihat hewan purba yang hampir punah ini. Sebuah kesempatan langka jika Anda benar-benar dapat melihatnya. Sayangnya, untuk mengabadikan momen tersebut Anda hanya boleh memotret dengan kamera hp, karena petugas tidak akan memberikan ijin untuk membawa kamera digital atau DSLR saat berkunjung ke Hutan Mangrove, kecuali untuk keperluan tertentu. Namun jangan kecewa, karena Anda masih bisa berselfie ria menggunakan kamera hp dan tongsis.

Jika sudah menyediakan anggaran lebih, Anda bisa melakukan kegiatan lainnya dan tidak hanya sekadar berkeliling atau berfoto. Ada penyewaan perahu untuk mengarungi daerah perairan dari hutan ini. Namun, Anda harus menyiapkan uang 250.000 ribu untuk 6 orang. Jika Anda tidak tertarik, anda mungkin bisa mencoba melakukan kegiatan menanam pohon mangrove dengan biaya 150.000 per orang. Anda akan diajari bagaimana cara bertanam yang pastinya akan menjadi pengalaman seru yang tidak terlupakan.

mengarungi perairan hutan mangrove dengan perahu

mengarungi perairan hutan mangrove dengan perahu

Selain itu, masih banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di taman wisata Hutan Mangrove. Oleh karena itu, jangan ragu untuk datang berkunjung bersama keluarga atau teman saat liburan tiba.

Rate this post
18 Tempat Wisata Di Semarang 2016 Yang Top Abis
18 Tempat Wisata Di Semarang 2016 Yang Top Abis
Tempat Wisata Di Semarang sangatlah banyak dan
20+ Tempat Wisata Di Bandung 2016 Paling Dicari Netizen
20+ Tempat Wisata Di Bandung 2016 Paling Dicari Netizen
Tempat wisata di Bandung terkenang di hati
10+ Tempat Wisata di Bogor Paling Recommended 2016
10+ Tempat Wisata di Bogor Paling Recommended 2016
Tempat wisata di Bogor kebanyakan adalah tempat
Buang Beban dan Raih Keceriaan di Waduk Jatiluhur
Buang Beban dan Raih Keceriaan di Waduk Jatiluhur
Indonesia terkenal memiliki banyak tempat wisata yang

Top