Menikmati Sejarah dan Eksotisme Danau Toba

Tak lengkap rasanya mengunjungi Sumatra Utara tanpa singgah ke Danau Toba. Danau vulkanik terbesar dan terluas di Indonesia dan Asia Tenggara ini memang sangat mempesona. Tak heran jika pesona keindahannya sudah tersebar hingga ke mancanegara. Keindahan alam yang menjadi daya pikat utama menjadikannya sebagai destinasi wisata andalan propinsi Sumatra Utara.

Danau yang memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km ini tampak seperti lautan luas yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Dengan luas tersebut, kawasan Danau Tobabahkan membentang hingga 7 kabupaten yaitu Toba Samosir, Samosir, Tapanuli Utara, Simalungun, Tanah Karo, Dairi, dan Humbang Hasundutan. Karena berada di ketinggian, udara sejuk pun akan terasa ketika Anda mengunjunginya. Dengan panorama hijau yang memikat dan menyegarkan membuat Anda akan semakin jatuh hati pada tempat ini. Keindahan danau akan tampak semakin menawan dengan adanya Pulau Samosir yang berada di tengah danau.

Wisata dan Sejarah Danau Toba

Terpikat oleh kecantikannya? Tunggu dulu, masih banyak hal menarik lainnya yang pasti akan semakin membuat Anda jatuh hati pada tempat ini. Simak pembahasan berikut dan pasti Anda akan semakin tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata andalan Sumatra Utara ini.

Asal Mula Terbentuknya Danau Toba

Diperkirakan, danau ini terbentuk sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu yang merupakan letusan super vulkanik yang sangat dahsyat. Dari letusan tersebut terbentuk kaldera yang kemudian terisi air hingga menjadi danau indah yang dapat kita nikmati sampai saat ini. Pergeseran lapisan bumi mengakibatkan dasar danau naik hingga membentuk pulau yang kemudian dikenal dengan nama Pulau Samosir. Namun, selain penjelasan secara ilmiah, terdapat legenda yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai awal mula terbentuknya Danau Toba. Sebuah legenda tentang siluman ikan yang semakin menambah keeksotisan danau cantik ini.

Daya Tarik Danau Toba

• Keindahan Alam
Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi tempat ini, mungkin gambaran berikut akan membuat Anda dapat membayangkan keindahan destinasi wisata menarik ini. Danau indah ini dikelilingi oleh deretan gunung berapi yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan. Banyaknya pohon enau dan pinus yang tumbuh subur membuat suasana sekitar danau menjadi sejuk dan indah dipandang.

Keindahan Alama Danau Toba

Danau Toba juga mempunyai banyak fauna yang menarik seperti beberapa jenis monyet dan orangutan di sebelah utara danau dan tapir sertalingkir di sebelah selatan. Jika Anda ingin menikmati suasana yang berbeda, cobalah untuk melihat danau dari ketinggian melalui Menara Tele. Akan didapati pemandangan eksotis yang sungguh memikat yang akan membuat Anda semakin merasa kagum pada keindahan danau.

• Pulau Samosir
Pulau Samosir memang sangat identik dengan Danau Toba. Pulau yang berada di tengah danau tersebut juga menyimpan keindahan yang luar biasa. Pulau yang memiliki luas hampir sama dengan negara Singapura ini merupakan tempat tinggal asli suku Batak Samosir yang sangat menjunjung tinggi adat dan memegang teguh kepercayaan leluhur. Anda bisa mengunjungi dua desa yang ada di sana, yaitu Tomok dan Tuktuk. Di pulau ini Anda akan menjumpai berbagai peninggalan kebudayaan masyarakat Batak di masa lalu, seperti makam Raja Sidabutar yang telah berusia 500 tahun, rumah adat Batak beserta kebudayaan menarik dari suku Batak di Pulau Samosir, juga menikmati pertunjukan Tari Sigale-gale yang sangat terkenal. Penduduk yang ramah akan siap menyambut Anda.

Tepi Pulau Samosir

Di pulau ini, Anda juga bisa mengunjungi Museum Huta Bolon di Simanindo yang berisi berbagai koleksi benda budaya Batak seperti pakaian adat, peti mati yang berisi boneka Sigale-gale, yang mana merupakan boneka khas dengan tinggi 1,5 m berpakaian adat Batak lengkap yang sangat dikeramatkan karena memiliki sejarah yang sangat panjang, dan juga kain ulos yang menjadi khas masyarakat Batak. Kunjungi pula batu persidangan yang terletak di Ambarita. Batu menyerupai meja ini dahulu digunakan untuk mengeksekusi tahanan.

Selain wisata budayaDanau Toba, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang akan membuat Anda tak henti mengaguminya. Diantaranya adalah sawah bertingkat seperti di Bali, juga beberapa air terjun yang sangat indah. Pulau Samosir juga memiliki danau, yaitu Danau AekNatonang dan Danau Sidihoni. Unik, bukan? Tak perlu risau mencari tempat menginap di Pulau Samosir. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai penginapan seperti hotel dan resort di daerah Tuktuk dan Ambarita. Selain di Pulau Samosir, penginapan pun banyak dijumpai di sekitar danau. Oleh-oleh untuk buah tangan pun tersedia di sini. Baik di Pulau Samosir maupun di tepi danau dan sekitarnya. Tinggal pilih sesuai keinginan Anda, mulai dari ulos, kerajinan tangan, kaos, dan berbagai cindera mata khas Batak lainnya.

View Pulau Samosir dari Tengah Danau

Untuk menuju Pulau Samosir, Anda bisa menyewa kapal dengan kapasitas 20-25 penumpang, cocok bagi Anda dan keluarga. Selama perjalanan menuju pulau tersebut, Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan di sekitar Danau Toba. Siapkan kamera untuk mengabadikan pemandangan indah yang mungkin tidak akan Anda temui di tempat lain. Bagi penggemar olahraga air, Anda juga bisa bermain jet ski ataupun bananaboat di sini.

Untuk semakin menarik perhatian wisatawan, setiap tahunnya diadakan Festival Danau Toba yang merupakan hasil kerjasama antara Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan pemerintah Sumatra Utara. Jika berkunjung pada bulan Agustus-September, Anda beruntung sekali. Karena, pada bulan tersebutlah festival ini digelar. Akan ada berbagai pertunjukan seni budaya juga berbagai jenis lomba. Jangan lewatkan pula kuliner lezat yang bisa Anda cicipi serta berburu kain ulos yang cantik khas tanah Batak. Namun, ada baiknya jika memesan tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari sebelumnya karena saat festival ini berlangsung pasti akan banyak wisatawan yang berdatangan menyaksikannya.

Untuk menikmati keindahan Danau Toba, Anda dapat menuju kota Parapat, Simalungun dengan waktu sekitar 6 jam dari kota Medan. Kota Parapat ini berjarak kurang lebih 176 km dari kota Medan. Jarak ini dapat ditempuh dengan berbagai alat transportasi darat seperti bis, travel, kendaraan pribadi, maupun taksi. Bukan waktu yang pendek memang, namun akan terbayar dengan keindahan danau yang memikat dan pasti akan membuat Anda jatuh hati. Selain rute Medan – Parapat, Anda juga bisa Medan -Brastagi untuk menuju ke kawasan wisata indah ini.

Tertarik? Segera luangkan waktu rencanakan liburan bersama keluarga untuk mengunjungi lokasi wisata satu ini. Pastinya Anda akanterkagum-kagum seakan enggan beranjak dari tempat memikat ini. Tak cukup waktu satu hari untuk menikmati keindahan dan suguhan budaya yang elok yang hanya dapat Anda temukan saat mengunjungi destinasi wisata Danau Toba. Bahkan mungkin Anda akan terus ketagihan untuk mengunjungi tempat ini lagi dan lagi. Dengan segala keeksotisannya, danau ini akan memberi anda ribuan pengalaman dan kesan mendalam seumur hidup anda.

Rate this post
18 Tempat Wisata Di Semarang 2016 Yang Top Abis
18 Tempat Wisata Di Semarang 2016 Yang Top Abis
Tempat Wisata Di Semarang sangatlah banyak dan
20+ Tempat Wisata Di Bandung 2016 Paling Dicari Netizen
20+ Tempat Wisata Di Bandung 2016 Paling Dicari Netizen
Tempat wisata di Bandung terkenang di hati
10+ Tempat Wisata di Bogor Paling Recommended 2016
10+ Tempat Wisata di Bogor Paling Recommended 2016
Tempat wisata di Bogor kebanyakan adalah tempat
Buang Beban dan Raih Keceriaan di Waduk Jatiluhur
Buang Beban dan Raih Keceriaan di Waduk Jatiluhur
Indonesia terkenal memiliki banyak tempat wisata yang

Top